Sampah dan Pupuk Organik untuk Kemandirian Masyarakat

 

KKN-T UMD 32 UNEJ berkordinasi denagan perangkat Desa pada malam senin tanggal 12 Agustus 2017 melaksanakan sosialisasi Bank Sampah dan Pupuk Organik di pendopo Balai Desa kepada masyarakat Desa Pancoran dengan pemateri B. Wahyu (Ketua Pengelola Bank Sampah Kelurahan Badean) dan P. Yunan Sutiono (Ketua Kelompok Tani Panca Makmur 1).

Sampah dan kotoran hewan ternak selama ini menjadi permasalahan di beberapa Dusun yang ada di Desa Pancoran. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelolah sampah dan pemanfaaatan kotoran hewan ternak menjadi tujuan sosialisasi agar masyarakat menciptakan peluang terhadap masalah sampah dan kotoran binatang ternak.

Sosialisasi bank sampah dari b. wahyu selaku pemateri, memberikan pengarahan bagaimana tata kelola bank sampah dan prosedur pembentukan bank sampah. Selain itu, ia juga menjelaskan proses pengolahan sampah menjadi barang bernilai jual serta dapat mengurangi efek samping dari sampah rumah tangga secara langsung maupun tidak langsung terhadap lingkungan.

Sedangkan pada materi kedua, P. Yunan sutiono menyampaikan bahwa alam menyediakan kepada kita untuk mengelola lingkungan agar tetap terjaga kesuburannya. Namun manusia selalu memilih instan untuk mengatasi yang kadang hanya sementara menyuburkan dan mengurangi hama tumbuhan. Ia juga menuturkan pentingnya pupuk organik untuk mengurangi intensitas tanah terhadap pupuk kimia apalagi bila nantinya tidak memberikan subsidi lagi kepada para petani.

  • tags

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*