Data Penduduk

peta

Kecamatan Bondowoso Kab. Bondowoso terdiri dari Tujuh Kelurahan dan Empat Desa, dimana salah satu desa yang ada di Kec.bondowoso yaitu Desa pancoran. Secara geografis Desa Pancoran terletak pada ketinggian 259 Meter diatas `permukaaan laut dan memiliki Luas Wilayah 369, 3 HA. Batas wilayah Desa Pancoran sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sukowiryo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Taman Kec. Grujugan, sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kejawan Kec. Grujugan dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Jetis Kec. Curahdami.

Wilayah Desa Pancoran terdiri dari Lima Dusun yakni Dusun Wringin Tapung, Bunder Kerajan, Bunder Kulon, Pasenan, dan Widoro dan memiliki 37 RT/13 RW. Berdasarkan Data Administrasi Pemerintah Desa pada tahun 2015, jumlah penduduk yang tercatat secara administrasi mimiliki jumlah total 6.533 jiwa. Dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki berjumlah 3307 jiwa, sedangkan berjenis kelamin perempuan berjumlah 3226 jiwa.

Mata penjaharian masyarakat Desa Pancoran rata-rata sebagai petani dan buruh tani buruh tani. Profesi inilah yang menjadi harapan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan sumber survey potensi ekonomi Desa Pancoran pada Juni 2015, masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani berjumlah 860 jiwa (13,3%), Buruh Tani berjumlah 930 jiwa (14,4%), Karyawan Swasta berjumlah 468 jiwa (7,2%), PNS/TNI/POLRI berjumlah 337 jiwa (5,2%), Pedagang berjumlah 342 jiwa (5,2%), Wirausaha berjumlah 283 jiwa (2,3%), Tukang Bangunan berjumlah 269 jiwa (4,1%), Peternak berjumlah 85 jiwa (1,3%) dan pekerjan lain serta tidak tetap berjumlah 188 jiwa (13,4)

Desa Pancoran mempunyai Puskesmas Pembantu ( PUSTU ) 1 unit, Posyandu ada 9 tempat yang tersebar di setiap dusun, Polindes 1 tempat sehingga masyarakat lebih mudah untuk memeriksa setiap ada keluhan kesehatan. Posyandu di Desa Pancoran berkembang secara pesat karena setiap ada kegiatan antusias masyarakat begitu besar, baik itu Posyandu balita maupun Posyandu Lansia. Aktivitas Posyandu di desa Pancoran beroperasi rutin setiap bulan di tiap dusun secara bergiliran. SelainĀ  kedua hal tersebut di Desa Pancoran juga melayani Keluarga Berencana ( KB ) yang di koordinir oleh Kader PPKBD maupun SUB PPKBD